Patbingsoo, Korean Dessert House

Patbingsoo Shaved Ice, Korean Dessert House

Agustus sudah datang dan aku sangat girang! Selain karena sebentar lagi ada peringatan untuk menyambut Hari Kemerdekaan, girangku berlipat ganda sebab tak lama lagi sulungku akan kembali dari Papua. Yeayyy!

Ingat si sulung yang akan pulang, jadi terkenang lagi momen perpisahan Juni lalu di Ambarukmo Plaza Yogyakarta yang beken dengan sebutan Amplaz. Sehari sebelum keberangkatannya ke Papua, kami bertemu sejenak dan melewatkan momen yang manis di sana.

Meski perut masih terasa penuh karena porsi makan siang yang belum tuntas dicerna, kami tetap antusias memenuhi permintaan si sulung untuk naik ke lantai tiga demi menikmati dinginnya es serut Korea hasil racikan Patbingsoo, Korean Dessert House.

Patbingsoo Shaved Ice
Shaved Ice yang ini namanya Bungeoppang Patbingsoo *semoga betul ngingatnya
Bibim Patbingsoo
Bibim Patbingsoo

Kami memesan dua porsi es serut saja karena sama-sama masih kenyang. Si sulung join dengan adiknya. Aku join dengan suami. Perkiraan kami, porsinya akan tambah mengenyangkan karena berdasarkan pengalaman kuliner di Korea, porsi yang disajikan di sana rata-rata lebih besar daripada di sini.

Dan benar saja, saat es serutnya disajikan aku bersyukur kami tidak memesan seorang satu. Kalau melihat fotonya kesannya imut, bikin gemes … emang iya, haha … tapi perut kami sudah tak sanggup diisi lebih lagi. Padahal side dish-nya macam-macam lho. Ada ramyeon, tteokbokki, chicken … apa daya memikirkannya pun sudah tak sanggup.

Patbingsoo, Korean Dessert House
Patbingsoo, Korean Dessert House

Kekhasan patbingsoo terletak pada es serutnya yang tergunduk di dasar mangkuk. Seputih salju dan super lembut. Dibiarkan original tanpa sapuan sirup. Di atasnya ditata pasta kacang merah, buah-buahan, jelly, atau popcorn. Di puncaknya ditaruhlah es krim rasa vanila atau rasa kacang merah. Bisa dibubuhkan langsung dari scoop atau dipipihkan bagai telur mata sapi dan dihias jelly di tengahnya. Khusus es krim yang kupilih, topping-nya adalah kue ikan yang disebut bungeoppang.

Penyajian es serut patbingsoo biasanya ditemani dengan secawan kecil saus buah atau susu kental manis. Buat apa? Kan es krim di atasnya sudah manis? Iya sih, tapi nanti kalau sendok kita hampir menyentuh dasar mangkuk, biasanya ada sebagian es serut original yang tersisa. Nah, kalau enggan mengulum es serut lembut rasa salju asli, tuanglah saus buah yang sudah disediakan tadi. Rasa manis yang segar kembali akan memanjakan lidah si pemilik sweet tooth.

Patbingsoo, Korean Dessert House menu
Patbingsoo, Korean Dessert House menu
Patbingsoo, Korean Dessert House menu
Patbingsoo, Korean Dessert House menu

Sekilas jepretan menu Patbingsoo ini bisa memberi gambaran kisaran harga yang dipatok oleh gerai ini. Lain kali kami akan mengosongkan perut dulu kalau mau ke sini. Masih ingin menikmati beberapa variasi menunya nih. Apalagi ada tteokbokki, jadi penasaran bagaimana cita rasa tteokbokki olahan gerai ini.

Patbingsoo, Korean Dessert House
Jam buka: 10.00-22.00 WIB
Telp: +622744331393
Ambarukmo Plaza, Lantai 3, jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta 55281

48 respons untuk ‘Patbingsoo Shaved Ice, Korean Dessert House

    • evylia hardy

      Betul, cowok cewek porsi makannya banyak. Mereka energic sekali. Bicara cepat, bergerak pun serba cepat.
      Kita rombongan dari Indonesia bila ke sana sering disuruh, “Palli, palli.” Artinya ‘cepat, cepat’. Haha … kita harus lebih gesit mengikuti jalan mereka.

      Suka

  1. riatumimomor

    harganya lumayan juga ya… Kayaknya kalau mau menikmati dengan penuh penghayatan mesti bikin jarak agak jauh ya dari makan siang… Kalau baru makan siang langsung ke sini memang jadinya kurang menikmati…
    Penampilan yg shaved ice itu dengan ikan diatasnya menggugah banget… ^_^

    Suka

  2. lialathifa

    bacanya jadi ikut pengen ngulum es nya mbak, hihi..
    harga segitu panteslah apalagi bikin perut kenyang. Di Margonda ada ya, marilah cari 🙂

    Suka

    • evylia hardy

      Iya sayur nyaris selalu ada di setiap sajian hidangan Korea (tapi untuk es engga dong, paling ya buah).
      Daun selada dan kimchi (kimchi sawi, kimchi lobak, atau kimchi sayur lainnya) biasanya disediakan untuk menemani hidangan2 Korea. Kata mereka, itu untuk menambah selera makan 🙂

      Suka

Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk berkomentar