Terlalu mekar

Bukan sedang ngomongin bunga. Ini bolu kukus resep teman si bungsu yang mau dipraktikkan di sekolah besok paginya.

Begitu membaca resepnya, aku langsung nyeletuk, “SP-nya kebanyakan deh. Di resep yang biasa kita pakai satu sendok teh aja sudah cukup.”

SP itu bahan pelembut kue yang tak perlu dipakai banyak-banyak. Tapi berhubung ini resep anyar dan besok sudah hari penilaian 
akhirnya kami putuskan tetap ikut resep dengan takaran peres saja.

Dapatkan resepnya di “Bolu Kukus Mekar All in One”

Setelah bela-belain beli air soda -padahal biasanya pakai susu cair putih saja bolunya sudah mekar- jadilah aku ngebut bikin bolu kukus malam-malam agar si bungsu tahu cara pembuatannya sebelum praktik bersama kelompoknya.

Menyiapkan cetakan dulu.
Jangan lupa memanaskan air kukusan sebelum mengocok adonan.
Mencampur semua bahan dan siap menghidupkan mikser.

Setelah dikukus selama lima belas menit … matang deh bolu kukusnya. Sayang tampilannya kurang cantik, kelewat mekar. Tadi menuang adonannya kepenuhan sih ya, harusnya diisi tiga perempat saja. Maklum deh, sudah lama ndak bikin bolu kukus. Lupa-lupa ingat, hehe …. Moga-moga praktik masak kelompok si bungsu di sekolah sukses.

Bolu kukusnya terlalu mekar ^^

Jam tiga sore (hari ini).

Si bungsu pulang dari sekolah. Sapaannya terdengar lelah. Tadi bolu kukusnya bantat. Mekar tapi bantat.

Usut punya usut, karena si adonan kelihatan kental maka disuruhlah anak-anak menambah air soda oleh gurunya. Hehe … meleset dari resep deh. Habis itu, ketika bolu sedang dikukus, tutup pancinya dibuka oleh bu guru. Hehe … itu pantangan buat bolu kukus. Tutup panci sebaiknya ndak dibuka-buka selama proses pengukusan. Mungkin beliau lupa karena terlalu banyak murid yang perlu bantuan.

Semoga minggu depan praktik bikin donat berjalan lancar. Tetap semangat!

Iklan

12 thoughts on “Terlalu mekar

  1. Heru Arya

    Hallo mbk Evi… Salam kenal, ya..

    Wah-wah… Aku kok jadi laper setelah baca ini. 😀 Soalnya, ngeliat aja udah enak gitu. Kalo soal rasa, gimana ni mbk? Kirim2 ke alamatku dong.. 😀

    Suka

  2. Hennyyarica

    sebenarnya nggak apa-apa sih mbak kalo lagi ngukus tutup pancinya dibuka, asal ngukusnya sudah 3/4 waktu di resep. plus, angkat tutupnya jangan sampai miring, biar airnya ga jatuh dari serbet. tapi mekarnya cantik kok itu, tetep aja bikin ngilerin 😀

    Suka

  3. reni

    Halo mbak Ehaaaa… seneng bisa ketemu lagi lewat blog.
    Aku gak pernah masak sih jadi gak tahu trik2 bikin bolu kukus mekar, tapi menurutku bolu kukus di atas mekarnya cantik kok

    Suka

Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s