Kembang Kol Saus Inggris

imageHari ini, sesuai dengan seleraku, kuincar masakan yang ringkas persiapan dan singkat pengolahannya. Kalau soal bumbu sih aku tak keberatan jika banyak ragamnya. Yang penting jangan ribet di bagian racik-meracik. Duh … itu adalah hal yang sebisa mungkin kuhindari. Kalau prep-nya saja sudah makan waktu lama, pengolahan plus beres-beres piranti masaknya juga lama, by the time masakan itu tersaji di meja … aku sudah layu kecapekan.

Kebetulan hari ini masaknya memang harus gesit. Si bungsu akan pulang sekolah lebih awal daripada biasanya. Kemarin dia bilang ingin dimasakkan sosis, jadi pilihanku jatuh pada kembang kol yang terbilang cocok bila dipadukan dengan itu.

Paprika hijau yang sudah berhari-hari anteng di kulkas langsung kucuci dan kutaruh di atas talenan. Ia akan menambah warna pada masakanku biar tidak pucat. Sosis sudah dipotong-potong menyerong. Bawang putih siap dikeprek. Saat itulah aku baru sadar kalau bawang bombay-nya habis. Wah. Waktunya tak memungkinkan untuk keluar rumah lagi. Terpaksa bawang merah ditugasi menggantikan bawang bombay nih.

image

Ya sudah nekad saja, pasti rasanya tak jauh bedalah. Setelah benar-benar matang … memang tidak begitu beda kok. Tak seorang pun anggota keluarga yang protes. Mereka malah tak menyadari ada yang kurang lazim dengan pemakaian bumbunya, haha. Dan masakan pun ludes siang ini juga.

Boleh juga nih. Lain kali kalau misalnya kehabisan bawang putih, gantinya apa ya? Ada ide?

KEMBANG KOL SAUS INGGRIS

Bahan & bumbu: Kembang kol, paprika, sosis,  maizena (aduk dengan sedikit air) bawang putih, bawang bombay, garam, sedikit gula, merica, saus Inggris

Cara membuat: Tumis keprekan bawang putih dan irisan bawang bombay, masukkan sosis. Masukkan potongan kembang kol dan beri bumbu-bumbunya, lalu susulkan paprika. Tuang cairan maizena, bila perlu tambahkan sedikit garam dan saus Inggris lagi. Aduk hingga rata, setelah matang angkat dan sajikan.

(Di potret masakan yang kupajang itu cairan maizena tak kupakai karena terburu-buru)

Iklan

10 thoughts on “Kembang Kol Saus Inggris

Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s