Santai sejenak di Godong Salam Ungaran

Kalau sebulan yang lalu aku dan suami menyempatkan diri makan siang di Gubug Makan Mang Engking, kali ini bersama si bungsu kami meluncur ke Godong Salam Seafood. Masih di kota kecil Ungaran yang memiliki cukup banyak kuliner yang menggiurkan.

Berbeda dengan Gubug Makan Mang Engking yang memiliki konsep khas Sunda, Godong Salam Seafood berusaha mengusung nuansa khas Jawa. Lagu-lagu yang disuguhkan pun berbahasa Jawa meski musik yang mengiringinya mayoritas bergenre bossanova.

Kami memilih bersantap di gubug lesehan (duduk santai di lantai bambu, tanpa kursi) dan langsung memilih menu. Tak banyak yang kami pesan. Ikan barakuda bumbu godong salam dan ikan bandeng rempah menjadi pilihan untuk lauk. Tumis ginseng dan pucuk labu bawang putih melengkapi seporsi nasi putih pilihan si bungsu dan dua porsi nasi merah kesukaan papa dan mamanya.

Ada cukup banyak menu yang kehabisan stok siang itu. Juga minumannya. Akhirnya kupesan jus sirsat sebagai ganti jus kedondong sementara si bungsu dan papanya kompak memilih es godong salam.

Suasana siang itu cukup lengang. Persis seperti yang kami inginkan. Paling suka menikmati santap siang yang jauh dari keramaian. Ditemani musik yang mengalun tenang, diselimuti udara yang segar dan bebas dari asap rokok … ahh, sungguh merupakan berkat yang kami syukuri.

Dan tak lama kemudian pesanan kami datang. Ikan barakuda bumbu godong salam adalah jagoan kami siang itu. Daging ikannya lembut dan bumbunya sedap meresap. Es godong salam juga ikut menjadi favorit. Keunikannya terletak pada rasa sirupnya yang lain daripada yang lain. Sepertinya itu merupakan perpaduan dari dua atau tiga macam rasa yang dikombinasikan dengan sangat pas.

Akhirnya semua yang tersaji di meja licin tandas kecuali dua kepala ikan dan tulang-tulangnya. Sementara suamiku berurusan dengan kasir, si bungsu dan aku melihat-lihat ke bagian belakang.

Usai jepret sana jepret sini kami pun bersiap kembali pulang. Melepas ketegangan dan bersantai sejenak memang menyenangkan. Berharap bisa lebih produktif lagi setelah pikiran kembali segar.

Iklan

6 thoughts on “Santai sejenak di Godong Salam Ungaran

Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s