Aktivitas Edukatif yang Menyenangkan dari Kertas Kado

bermain-belajar-dengan-kertas-kado
Gambar-gambar imut dari kertas kado

Hobiku berburu kertas kado bermula saat aku menyibukkan diri membuat handmade name cards dan memasarkannya di lingkup terdekatku. Waktu itu suami lagi studi lanjut, jadi kami LDR-an. Aku yang saat itu sudah berhenti bekerja memanfaatkan waktu luang untuk berkreasi dengan kartu nama. Saat itu belum terbayang bahwa tumpukan kertas kadoku akan pegang peranan penting di tahun-tahun ke depan.

Setelah berkumpul kembali dengan suami, aku menghentikan produksi handmade name cards itu karena terlalu menyita waktu. Tak lama kemudian aku mendapat tawaran untuk terlibat di institusi paud bilingual. Awalnya ragu banget, karena bertahun-tahun sebelumnya aku sudah menggeluti profesi instruktur Bahasa Inggris elementary-advanced. Dan dari seluruh kelas yang kuampu, mulai dari kids, teenagers, adults dan executives, bagiku kelas anak-anaklah yang paling menguras pikiran dan tenaga.

Entah bagaimana penalaranku waktu itu, kok ya akhirnya nekad menerima tawaran menjadi wakil kepsek sekaligus wali kelas. Lho? Iya, waktu itu sekolahnya baru dirintis, jadi budget dan fasilitas masih sangat terbatas, tugas pun dirangkap-rangkap. Capek betul. Every single day harus melahirkan aktivitas yang edukatif dan menyenangkan buat anak-anak. Situasi itu menuntutku untuk memeras kreativitas habis-habisan. Pusing aku mencari bahan yang edukatif, menarik dan murah meriah untuk aktivitas bermain dan belajar.

kertas kado murah meriah untuk bermain dan belajar
Kertas kado murah meriah untuk aktivitas bermain dan belajar

Sebenarnya buku-buku dan lembar kerja siswa banyak berjajar di toko buku, tetapi itu saja tak cukup. Perlu sesuatu yang bisa memantik gairah anak-anak untuk bermain sekaligus belajar. Akhirnya, di antara beberapa alternatif bahan yang kupunya, tumpukan kertas kadoku menjadi salah satu andalan. Bahkan setelah tak lagi terjun langsung di institusi pendidikan, hobiku mengumpulkan kertas kado tetap jalan terus.

Edisi parenting: Menghindari Berbicara Pedas kepada Anak

Sebenarnya kenapa sih, mengumpulkan kertas kado itu bisa asyik banget? Tadinya tuh aku lebih suka beli buku-buku aktivitas anak. Tapi di antara sekian banyak buku yang ditawarkan, gak ada dong yang bisa secara spesifik sesuai dengan kebutuhan kita. Butuh banyak jenis buku aktivitas yang harganya sering membuat dompet cepat kurus. Nah, dalam kondisi begitu kertas kado jelas lebih bersahabat dan menawarkan pilihan yang lebih beragam. Dengan uang sekitar 2000-3000 Rupiah per lembar (belinya jangan yang mahal-mahal), kita sudah bisa mendapatkan bahan yang berlimpah untuk aktivitas bermain dan belajar yang menyenangkan. Jadi tidak usah terlalu sering keluar uang untuk beli buku aktivitas. Cukup sesekali saja.

kreativitas untuk anak dengan kertas kado
Dari kertas kado sederhana menjadi aktivitas yang mengasyikkan

Contoh soal ya? Hihi … kayak di kelas saja. Kertas kado corak kupu-kupu yang ada di atas itu selembar Rp 2.500,00 di toko buku. Kalau di warung bisa lebih murah. Dari selembar kertas kado itu kita bisa dapatkan puluhan gambar kupu-kupu yang dapat dirancang untuk beberapa aktivitas. Misalnya, aktivitas menempel, mewarnai, mencap, mencari pasangan, menyusun pola, menggunting (buat anak yang sudah siap motorik halusnya), berhitung (disesuaikan dengan kebijakan orang tua dan sekolah), belajar English vocabulary, dan lain-lain. Tingkat kesederhanaannya disesuaikan dengan kemampuan anak.

Murid-muridku dulu paling suka kegiatan menempel, mencap dan mewarnai dengan cat poster. Bukan berarti mereka tak suka dengan kegiatan yang lain, tapi somehow tiga aktivitas itu menjadi primadonanya.

aktivitas-menyenangkan-buat-anak-dari- kertas-kado
Aktivitas mencap merupakan salah satu favorit anak-anak

Tapi tidak semua hal yang berhubungan dengan kertas kado itu menyenangkan sih. Tentunya dilihat dari kacamata guru yang menyiapkan aktivitas. Hmmm, kalau sudah dihadapkan dengan seabreg gambar yang harus digunting-gunting … yaaa belum-belum rasanya sudah pedes di mata, pegel di tangan. Apalagi kalau tidak punya asisten. Mana badan sudah merindukan kasur, jarum jam sudah lama melewati saatnya tidur. Huhu … bawaannya jadi nelangsa.

Sekarang sih aku sudah tidak ‘kejar tayang’ seperti waktu masih mengajar dulu. Jadi perkara pilih-memilih kertas kado, gunting-menggunting dan rancang-merancang aktivitas kukerjakan jika waktuku memungkinkan saja. Koleksi kertas kadoku biasanya kugunakan saat terjun sebagai relawan, saat memberikan diklat, atau saat mengajar Sekolah Minggu.

aktivitas-bermain-dan-belajar-dari-kertas-kado
Menyusun pola sederhana dengan bahan dari kertas kado

Meskipun sudah tidak ngoyo berburu kertas kado lagi, tetap saja kakiku tidak bisa jauh-jauh dari tempat kertas-kertas yang menggemaskan itu dipajang. Sampai sekarang kalau anak-anakku mengajak jalan buat cari kado, bukannya fokus cari kado, akunya malah sibuk memilah-milah kertas kado yang ada di tokonya. Atau jika anak-anakku minta diantar ke toko alat tulis di dekat rumah, tak kulewatkan kesempatan untuk menelisik kertas-kertas kado yang dijejalkan ke dalam sebuah keranjang di atas etalasenya. Ada gairah yang menolak surut tiap kali mata dan otakku berkoordinasi membayangkan aktivitas bermain dan belajar apa saja yang bisa lahir dari lembar-lembar kertas kado itu.

Dan aktivitas itu tidak terbatas buat di sekolah lho. Bagi orang tua yang ingin memberikan aktivitas yang menyenangkan sekaligus edukatif buat anak-anak di rumah, sangat bisa memanfaatkan kertas kado. Tidak harus selalu kertas kado baru, yang bekas pun bisa dimanfaatkan. Menyediakan aktivitas bermain yang edukatif di rumah itu menyenangkan lho. Bukan hanya berdampak positif bagi anak, tapi juga bagus untuk mengasah kreativitas kita sebagai orang tua.

Nah, selain kertas kado masih banyak bahan di sekitar kita yang bisa digunakan untuk merancang aktivitas yang edukatif dan menyenangkan buat anak. Adakah bahan yang menjadi andalan teman-teman dalam menyediakan aktivitas buat si kecil di rumah? Mangga, senang sekali jika ada yang ingin berbagi pengalaman buat saling melengkapi cerita.

Iklan

27 respons untuk ‘Aktivitas Edukatif yang Menyenangkan dari Kertas Kado

Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s