Sup Ayam Kacang Merah

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Sup ayam kacang merah

Ayam? Bukannya sup kacang merah itu biasanya berkaldu sapi? Mmm … ayam kampung kupilih lantaran ingin mengurangi konsumsi daging merah. Mengurangi saja, bukan berpantang. Biar lebih sehat.

Anak-anak gemar sekali menyantap sup kacang merah rumahan ini. Padahal si bungsu aslinya kurang suka kacang-kacangan. Tetapi sup ini sanggup mendorongnya untuk tambah dan tambah lagi.

Bahannya yang cuma melibatkan kacang merah, wortel, tomat, unclang seledri, bawang bombay dan tentu saja ayam, tidak menyulitkan bagiku yang cenderung ‘alergi’ untuk urusan racik-meracik. Bumbunya pun selalu tersedia di dapur, yaitu garam, merica putih, pala dan kaldu ayam bubuk bila suka (kupakai yang non-MSG).

Langsung simak cara masaknya yuk.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Ayam direbus dahulu. Uapnya mengenai lensa kamera ^^.
SAMSUNG CAMERA PICTURES
Setelah ayam cukup empuk, masukkan kacang merah yang sudah dicuci bersih. Beri garam dan kaldu ayam bubuk.
grid
Iris wortel, bawang bombay dan unclang. Tomat dibelah dan dikeluarkan bijinya. Seledri diikat atau diiris dengan potongan besar. Bawang bombay ditumis sebentar dan disisihkan.

Setelah kacang merah setengah matang, masukkan irisan wortel dan tomat tanpa biji. Masak sampai semuanya mencapai keempukan yang pas. Jangan lupa dicicip apakah sudah pas bumbunya.

Sesaat sebelum api dimatikan, masukkan irisan unclang, tumisan bawang bombay, pala parut dan merica. Sebentar kemudian matikan api dan masukkan seledri. Diamkan sebentar hingga seledri layu. Dan sup kacang merah pun siap untuk dihidangkan.

Bahan-bahan:

ayam, wortel, sebutir tomat, unclang seledri, bawang bombay.

Bumbu-bumbu:

garam, merica putih, 1/4-1/2 butir pala diparut, kaldu ayam bubuk bila suka (kupakai yang non-MSG)

Cara membuatnya sudah ada di atas ya. Bawang bombay-nya ditumis dengan sedikit minyak atau margarin bila suka. Kalau ditumis dengan sesendok margarin memang lebih sedap rasanya.

Kutambahkan penjelasan saja kenapa kok seledrinya kuanjurkan diikat atau diiris besar, bukannya dirajang halus. Aku membaca dari sebuah artikel kesehatan, seledri tidak baik untuk dipanaskan ulang. Jadi bila sup kita banyak dan nantinya akan diangetin, lebih mudah menyingkirkan ikatan seledri (atau potongan besar seledri) daripada harus memancing rajangan seledri di tengah samudera kuah sup.

Iklan

18 thoughts on “Sup Ayam Kacang Merah

  1. Tarry KittyHolic

    Oh ternyata seledri tidak boleh dipanasi ulang ya Mbak? Biasanya kalau soup ayam atau yang ada amis2nya selalu dipanasi dulu sebelum makan. Terima kasih sharingnya mbak.

    #langsung lihat2 resep yang lain

    Suka

    • evylia hardy

      Aku dulu juga ndak tahu, baru setelah baca artikel kesehatan dari luar itu, aku pake seledri secukupnya aja untuk sekali makan.
      Kalo supnya banyak, kupastikan ndak ada sisa seledri yg ikut dipanasi. Sesudah diangkat dari api, kumasukkan seledri baru … dan aroma supnya jadi segar kayak baru lagi 🙂

      Suka

  2. ratusya

    Oh gitu ya mbak ttg seledri. Kalo kakak ipar ku seledri dan dan bawang kalo bikin sop diikat supaya kalo udah mateng diangkat trus dibuang, soalnya suaminya ga suka seledri dan daun bawang.
    Tapi emang bener sih, kadang kalo saya manasin sop yg ada seledrinya, trus rasanya jadi agak aneh gitu.

    Suka

Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s